Beranda Kab Tangerang Hiu Tutul Muncul di Perairan Tanjung Kait Tangerang, Dinas Perikanan Cek Lokasi

Hiu Tutul Muncul di Perairan Tanjung Kait Tangerang, Dinas Perikanan Cek Lokasi

0
BERBAGI

TANGERANG; LENSAMETRO— Ikan hiu tutul besar dikabarkan muncul di perairan Pantai Tanjung Kait, Kecamatan Mauk, Kabupaten Tangerang.

Kabar itu santer, setelah video munculnya hiu tutul bermula unggahan di akun instagram @jabodetabek.terkini, pada Rabu, 11 November 2020.

Dalam unggahan video tersebut, terlampir tulisan penampakan ikan hiu tutul di kawasan Pantai Tanjung Kait, Kecamatan Mauk, Kabupaten Tangerang.

Dalam video itu juga terlihat beberapa orang yang berada di atas kapal sedang berusaha menggiring ikan yang sangat langka itu.

Menanggapi hal tersebut, Dinas Perikananan Kabupaten Tangerang langung cek lokasi atas beredarnya video tersebut.

Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Tangerang Jaenudin mengatakan, pihaknya telah menerima informasi tersebut dan sudah menurunkan tim ke kawasan Pantai Tanjung Kait.

Menurutnya, wilayah kelautan berada di ranah Dinas Perikanan Provinsi Banten, namun untuk memastikan, pihaknya langsung menurunkan tim untuk menelusuri.

“Dari dinas sudah turunkan Tim dari Bidang Perikanan Tangkap untuk mengecek,” ujar Jaenudin kepada wartawan, Kamis (12/11/2020).

Baca Juga ; Korban Banjir di Desa Pasir Bolang Tigaraksa Dapat 1 Kwintal Ikan Bandeng

Terkait hasil dari penulusuran, pihaknya belum bisa memastikan, karena masih dalam tahap penelusuran dan menggali informasi ke nelayan yang berada di lokasi setempat.

“Belum ada kerjasama dengan tim lain. Tapi tidak menutup kemungkinan hal itu terjadi (hiu muncul) karena di musim penghujan air dari laut cenderung bergeser ke pesisir pantai. Tapi, kalau di video memang airnya berwarna biru, tapi kalau di Tanjung Kait, Kosambi dan Kronjo cokelat,” tukasnya.

Namun, Jaenudin mengimbau agar masyarakat tidak mengusik ikan hiu dengan cara menangkap dan menjualnya. Sebab, keberadaan hiu tersebut harus dijaga dan mengembalikan ke habitatnya.

“Apalagi hiu tutul walaupun besar, tapi tidak berbahaya,” tutupnya. (stu/joe)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here