Beranda Kab Tangerang Lapangan Kerja Menyempit, 57 Ribu Lulusan SMA per Tahun di Tangerang Banyak...

Lapangan Kerja Menyempit, 57 Ribu Lulusan SMA per Tahun di Tangerang Banyak Tak Kuliah

0
BERBAGI
Moch Bayuni KCD Pendidikan Kab.Tangerang/lensametro

TANGERANG; LENSAMETRO- Jumlah kelulusan sekolah menengah di Kabupaten Tangerang capai 57 ribu siswa setiap tahun.

Sehingga data tersebut menjadi tantangan bagi seluruh siswa untuk bersaing dan berkompetisi. Terlebih bagi siswa yang tidak melanjutkan ke perguruan tinggi (kuliah) akan menjadi angkatan kerja.

Demikian dikatakan Kepala Cabang
Dinas (KCD) Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Tangerang Moch Bayuni saat membuka acara pembinaan OSIS se Kabupaten Tangerang yang digelar di SMAN 3 Kabupaten Tangerang, di Kecamatan Curug, Rabu (11/11/2020).

Terang Bayuni, seyogyanya lulusan SMA atau sederajat adalah untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Namun, faktanya hanya beberapa prosentase yang melanjutkan ke bangku kuliah karena berbagai faktor.

“Sedangkan lapangan pekerjaan mulai menyempit di kota seribu industri lantaran dihantam pandemi saat ini,” ujar Moch Bayuni.

Ia mengatakan, rilis BPS pada Agustus 2020 yang menempatkan Kabupaten Tangerang sebagai jumlah pengangguran terbesar se Banten merupakan tantangan bagi para pelajar yang merupakan generasi muda.

“Tantangan ini harus dijawab generasi muda untuk terus meningkatkan kualitas diri,'” tegas mantan Kasi Kepemudaan di Disporabudpar Kabupaten Tangerang ini.

Baca Juga ; Beuh, Pengangguran Tertinggi se-Banten Diraih Kabupaten Tangerang

Lebih lanjut, Bayuni berpesan agar pelajar SMA di Kabupaten Tangerang untuk tetap belajar dengan giat meskipun sistem pendidikan masih berlangsung via daring.

“Saya harap akan lahir pelajar-pelajar berprestasi asal Kabupaten Tangerang ini. Ketahuilah bahwa kemiskinan, keterpurukan bisa diatasi dengan satu solusi yakni pendidikan,” tukasnya sambil berpesan agar siswa yang hadir tetap menerapkan protokol kesehatan dengan gerakan 3M.

Baca Juga ; Pak WH Janji Kasih Pulsa ke Siswa, Disdik Banten Bilang Begini

Sementara, Kepala SMAN 3 Kabupaten Tangerang Dedi Hidayat apresiasi atas giat yang digelar Dinas Pendidikan Provinsi Banten melalui KCD Kabupaten Tangerang.

“Ini acara yang positif dan tentu kami apresiasi dan terima kasih telah berkenan melaksanakan di SMAN 3 Kabupaten Tangerang,” ujar Dedi.

Acara pembinaan OSIS tersebut menghadirkan narasumber diantaranya anggota DPRD Banten Jajuli Abdillah dan Sekretaris ICMI Kabupaten Tangerang Tosim. (joe)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here