Beranda Politik Foto Petahana Masih Mejeng di Mobil BUMDes, Bawaslu Pandeglang Dinilai Lalai

Foto Petahana Masih Mejeng di Mobil BUMDes, Bawaslu Pandeglang Dinilai Lalai

0
BERBAGI
Mobil BUMDes bergambar Irna-Tanto/OKI Lensametro

PANDEGLANG;LENSAMETRO- Stiker foto pasangan calon petahana di Pilkada Pandeglang masih tetap terpampang di kendaraan BUMDes Sikulan, Jiput Pandeglang.

Padahal, keduanya telah ditetapkan sebagai peserta Pilkada dan kepala daerah di Kabupaten Pandeglang sudah dipimpin seorang penjabat yang ditunjuk Pemprov Banten.

Adanya Alat Peraga Sosialisasi (APS) di BUMDes tersebut mendapat sorotan dari aktivis penggiat demokrasi.

“Kami sangat menyayangkan sikap Bawaslu Pandeglang yang lamban dan tidak tegas. Baik di tingkat kabupaten, kecamatan maunpun desa. Seharusnya Bawaslu bersikap adil,” ujar Febri Setiadi,  juru bicara Jaringan Rakyat untuk Demokrasi dan Pemilu (JRDP) kepada lensametro.com, Rabu (11/11/2020).

Terang Febri, Bawaslu memiliki perangkat sampai ke desa-desa. Sehingga melihat kasus adanya APS di BUMDes seharusnya mengambil sikap tegas sebagai wasit.

“Mestinya Bawaslu beserta Pol PP menertibkanlah ya, tapi sejauh ini belum clear juga berarti ada kelalaian,” tukasnya.

Ia melanjutkan, bahwa pihak pengawas pemilu harus berlaku adil, agar dalam penyelengaraan demokrasi berjalan bersih, tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan dalam pelayanan penyelenggaraan.

“Prinsipnya, bawaslu dan seluruh lembaga penyelenggara harus adil, supaya tidak ada masalah dikemudian hari dalam pelayanan penyelenggaraan pilkada ini,” tegasnya.

Baca Juga ; Gambar Irna-Tanto Terpampang di Mobil Plat Merah, Bawaslu Mana Bawaslu?

Terpisah, Devisi Penindakan Badan Pengawas Pemilu (BAWASLU) Pandeglang, Fauzi, menerangkan bahwa, pihak bawaslu sendiri baru akan menindak setelah sebelumnya melayangkan surat ke Desa terkait.

“Sejauh ini kamii sudah melayangkan surat,” tukas Fauzi, saat dihubungi wartawan.

Ia melanjutkan, pihak bawaslu akan menindaklanjuti hal tersebut, jika memang masih terpasang. “Iya nanti kita tindak lanjut,” janjinya. (oq/joe)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here