Beranda Metropolitan Warga Binaan Rutan Kelas IIB Bisa Sekolah

Warga Binaan Rutan Kelas IIB Bisa Sekolah

0
BERBAGI

PANDEGLANG;LENSAMETRO– Pendidikan tidak hanya milik warga diluar tahanan semata. Warga Binaan (WB) Rumah Tahanan (Rutan) Negara Kelas IIB Kabupaten Pandeglang bekali WB melalui Pusat Kegiatan Belajar Mengajar (PKBM) di Rutan, pada Senin (19/10/2020).

Kepala Rutan Kelas IIB Kabupaten Pandeglang, Jupri menjelaskan bahwa pihaknya bekerja sama dengan Pemerintah Daerah, Polres dan Tokoh Agama memberikan kesempatan kepada warga binaan untuk mengecap dunia pendidikan.

“Hal ini dengan tujuan agar warga binaan di Rutan Kelas IIB Pandeglang ketika mereka bebas bisa mendapatkan ijazah paket dengan tingkatan pendidikan,” tukasnya saat ditemui usai peresmian PKBM.

Selanjutnya ia menjelaskan bahwa, untuk saat ini, Jumlah peserta didik atau warga binaan tamatan SD sebanyak 60 persen, sedangkan yang tamat SMP sekitar 30 persen. Untuk sementara, PKBM ini akan dilangsungkan secaran online atau menggunakan sistem daring selama masa pandemi covid-19.

“Dari Jumlah dan tingkatan itu, semuanya akan diberikan pendidikan yang layak selama di Rutan ini. Selama pandemi, pembelajaran untuk warga binaan akan dilakukan secara daring agar tidak terjadi penyebaran virus corona diwilayah Rutan Kelas IIB Pandeglang,” lanjutnya.

Selain itu, Kapolres Pandeglang, AKBP. Sofwan, mengungkapkan harapan Polres dalam mendukung PKBM ini. Dalam sambutannya Sofwan berharap PKBM ini mampu dimanfaatkan oleh mereka setelah bebas dari tahanan.

“Setidaknya mereka punya bekal ijazah paket dan keterampilan yang bisa mereka gunakan untuk mencari pekerjaan,” ucapnya.

Menurutnya, dalam pemberian PKMB harus lebih mengarah pada pembekalan kepada warga binaan.

“PKBM ini harus dan akan lebih mengarah pada pembekalan dan kemampuan dengan didorong Pendidikan Bela Negara, serta mata pelajaran umum yang telah ditentukan oleh Dinas Pendidikan,” katanya.

Sementara itu, Tokoh Pemuka Agama Pandeglang, Abuya Muhtadi Dimyati, merespon baik dengan adanya PKBM di Rutan ini. Dalam sambutannya beliau berjanji akan terus bolak-balik rutan untuk memberikan hadiah pendidikan keagamaan kepada para warga binaan di Rumah Tahanan Kelas IIB Pandeglang.

“Saya merasa gembira dan menyambut baik atas dibukanya PKBM ini, perjuangan memperbaiki kehidupan umat ini sudah lama saya nantikan, bahkan sejak saya bentuk RPM. Insyaallah saya akan bolak-balik ke tempat ini untuk memberikan hadiah kepada warga binaan,” ungkapnya.

Disamping itu, berdasarkan pantauan wartawan lensametro.com, guna mencegah penyebaran dan pemaparan covid-19, usai kegiatan berlangsung, Rutan kelas IIB dilakukan sterilisasi dengan penyemprotan disinfektan di seluruh Rutan yang dipimpin oleh bidang kesehatan, Iis.(oq/red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here