Beranda Kab Tangerang Dinas Binamarga dan SDA Konsen Tangani Masalah Banjir di Kabupaten Tangerang

Dinas Binamarga dan SDA Konsen Tangani Masalah Banjir di Kabupaten Tangerang

0
BERBAGI
Slamet Budi Mulyanto, Kepala Dinas Binamarga dan SDA Kab. Tangerang/lensametro

TANGERANG; LENSAMETRO- Banjir yang melanda Kabupaten Tangerang pada di awal tahan 2020 mengakibatkan berbagai kerugian terdampak.

Sehingga berbagai infrastruktur seperti jalan dan jembatan berdampak pada bencana alam di bulan Januari 2020 tersebut.

Rapat penanganan banjir di Kab Tangerang/ist

Kepala Dinas Binamarga dan Sumber Daya Air (SDA) Kabupaten Tangerang Slamet Budi Mulyanto mengungkapkan, pihaknya saat ini sedang konsen dalam penanganan banjir. Khususnya menyiapkan berbagai infrastruktur seperti pelebaran drainase dan berbagai infrastruktur lainnya.

“Termasuk pada normalisasi sungai yang menjadi tanggungjawab Kabupaten Tangerang,” ujar Slamet Budi Mulyanto kepada lensametro.com, Senin (24/08/2020).

Ia mengungkapkan, dampak banjir yang terjadi pada musim hujan di Kabupaten Tangerang mengakibatkan kerugian materil berkisar ratusan miliyar rupiah. Lantaran dampak banjir merusak berbagai infrastruktur seperti jalan longsor, ambles dan jembatan rusak.

Dinas Binamarga dan SDA Kab.Tangerang saat survei lokasi/ist

“Sehingga kami juga bersurat dengan balai besar untuk normalisasi sungai yang bukan menjadi tanggung jawab Kabupaten Tangerang” tukasnya.

Lebih lanjut, mantan Kasat Pol PP Kabupaten Tangerang ini mengatakan,
masalah banjir adalah masalah bersama.

Sehingga, upaya penanganan tersebut juga melibatkan banyak stake holder seperti Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lainnya di Kabupaten Tangerang serta pengembang perumahan yang kerap diterjang banjir.

“Masalah banjir harus ditangani dari hulu ke hilir. Dan erbagai tahapan dilakukan,” tukasnya.

Pemantauan salah satu pintu air di Kabupaten Tangerang/ist

Sementara, Sekretaris Dinas (Sekdis) Binamarga dan SDA Kabupaten Tangerang Muchamad Soleh Hudin menambahkan, penanganan banjir juga berkirim surat ke Kementerian PUPR agar bisa membangun infrastruktur yang tidak menjadi wewenang Kabupaten Tangerang. Selain itu penanganan sungai, situ, embung dan normalisasi drainase.

“Jangan sampai di musim musim hujan air melimpah dan di musim kemarau kekeringan. Sehingga penanganan dilakukan secara komprehensif,” katanya.

Mochamad Soleh Hudin, Sekretaris Dinas Binamarga dan SDA Kab Tangerang/lensametro

Ungkap Sekdis, saat ini pihaknya sedang melakukan drainase di Jalan Syekh Nawawi agar bisa mengurangi banjir di Jalan Pemda – Bojong. Serta sedang dalam tahap survey wilayah Pasar Cikupa dan Gerbang Citra Raya, sedang dalam survey.

“Dalam waktu dekat akan kami akan mengundang beberapa kepala desa di wilayah Cikupa,” terangnya.

Pemantauan situ di wilayah Kabupaten Tangerang/ist

Lanjut Soleh Hudin, infrastuktur fisik di Dinas Binamarga dan SDA Kabupaten Tangerang pada tahun 2020 yakni untuk SDA 25 fisik bidang SDA dan 23 fisik jalan jembatan. (adv)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here