Beranda Kab Tangerang Meski Tak Ada Pilkada 2020, KPU Kabupaten Tangerang Rajin Update Data Pemilih

Meski Tak Ada Pilkada 2020, KPU Kabupaten Tangerang Rajin Update Data Pemilih

0
BERBAGI

TANGERANG; LENSAMETRO— Kabupaten Tangerang memang tidak masuk daftar dari Pilkada serentak di Provinsi Banten 2020. Namun, meskipun demikian Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tangerang rajin update data pemilih.

Seperti yang digelar Selasa (28/07/2020), KPU setempat menggelar rapat pleno terbuka rekapitulasi daftar pemilih berkelanjutan periode bulan Juli 2020. Acara dihelat di salah satu hotel di bilangan Citra Raya, Kabupaten Tangerang.

“Sebelumnya rapat pleno telah dilakukan sejak Maret 2020 secara daring. Namun baru kali ini dilakukan secara langsung,” ujar Ketua KPU Kabupaten Tangerang Ali Zaenal Abidin wartawan.

Lanjut Ali, update data pemilih berkelanjutan  berdasarkan undang-undang no 7 tahun 2017 pasal 14,17 dan 20 tentang pemilihan umum. Dengan harapan dari rapat pleno yang digelar setiap bulan ini, data pemilih yang akan digunakan untuk pemilu, baik pilkada, pilpres dan pileg dapat berkualitas.

“Semoga tidak ada lagi pemilih yang tidak memenuhi syarat yang terdaftar dalam daftar pemilih. Sebaliknya bagi pemilih yang telah memenuhi syarat bisa terdaftar,” tuturnya.

Baca Juga : 2 Mantan Ketua KPU Tangerang Kandas Jadi Direksi PD Pasar Niaga Kerta Raharja

Tujuannya, lanjut Ali, agar semua warga Indonesia yang telah memenuhi syarat khususnya masyarakat Kabupaten Tangerang betul-betul bisa menggunakan hak konstitusi atas penyelenggaraan pemilu di tahun mendatang.

“Update ini mengunakan SDM yang ada di KPU. Namun terus berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait, baik Disdukcapil, Dinas Kesehatan, Bawaslu, Partai Politik dan sebagainya,” ungkapnya.

Baca Juga : Coklit Data Pilkada Cilegon Dipantau Langsung Komisioner KPU Banten

Sementara, Divisi Data dan Informasi KPU Kabupaten Ita Nurhayati menerangkan, basis data yang digunakan yakni DPT HP3 Pemilu tahun 2019 berjumlah 2.118.565. Adapun daftar keseluruhan pemilih per-bulan Juli 2020 data pemilih telah mencapai 2.133.707. (stu/joe)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here