Beranda Bisnis Banyak Penjual Hewan Kurban di Tigaraksa Abaikan Protokol Kesehatan, Padahal Dekat Kantor...

Banyak Penjual Hewan Kurban di Tigaraksa Abaikan Protokol Kesehatan, Padahal Dekat Kantor Pemda

0
BERBAGI

TANGERANG; LENSAMETRO— Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kabupaten Tangerang terus berkeliling ke sejumlah lapak penjual hewan kurban.

Di hari ke 3 pemeriksaan, petugas memantau puluhan lapak penjual hewan kurban di wilayah Kecamatan Tigaraksa yang tidak jauh dari Puspemkab Tangerang, Jumat (24/07/2020).

Namun, hasil pantauan di lapangan, puluhan lapak yang didatangi petugas DPKP tidak menerapkan protokol kesehatan seperti intruksi Bupati Tangerang.

Kasi Farmasi dan Sarana Kesehatan Hewan, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kabupaten Tangerang Joko Ismadi mengatakan, dari survei lapangan sejak  dilakukan selama tiga hari.

“Sebanyak 25 lapak hewan kurban yang dikunjungi tidak ada satu pun yang menerapkan protokol kesehatan Covid-19,” ungkap Joko Ismail saat memantau lapak hewan kurban di wilayah Kecamatan Tigaraksa.

Sederet protokol kesehatan yang dilanggar, kata Joko yakni pemilik lapak tidak penyediaan thermogun, face shield, tempat cuci tangan, hand sanitizer dan layout keluar masuk pembeli.

“Padahal kami rutin mensosialisasikan protokol kesehatan ke penjual hewan kurban,” ujar Joko kepada wartawan.

Selain itu lanjut Joko, selain Bupati, Sekda Kabupaten Tangerang juga sudah menyampaikan agar pemilik lapak menerapkan protokol kesehatan.

Baca Juga : Zaki Tinjau Lapak Penjual Hewan Kurban di Kelapa Dua

“Bahkan juga sudah disampaikan kepada para camat, kepala desa, dan MUI. Tapi realisasi di lapangan mayoritas pedagang hewan kurban abai,” ketusnya.

Sementara, salah satu penjual hewan kurban Salim mengaku kerepotan jika harus menerapkan peraturan  yang diwajibkan oleh pemerintah.

“Masa iya mau jualan saja ribet harus menyediakan perlengkapan yang dianjurkan. Tiap mau lebaran haji kita sudah biasa berjualan seperti ini. Biasa aja sih,” tukasnya.

Perlu diketahui, pemeriksaan lapak hewan kurban sudah gelar sejak 21 Juli hingga 5 Agustus 2020 mendatang. (stu/joe)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here