Beranda Kota Tangerang PPDB SMP di Kota Tangerang Dimulai Jumat 26 Juni 2020, Catat 4...

PPDB SMP di Kota Tangerang Dimulai Jumat 26 Juni 2020, Catat 4 Jalur Ini

0
BERBAGI

TANGERANG; LENSAMETRO- Penerimaan Peserta Disdik Baru (PPDB) tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) tahun ajaran 2020 – 2021 di Kota Tangerang di buka mulai Jum’at, 26 Juni 2020.

PPDB dilaksanakan secara online tersebut melalui 4 pintu, yakni jalur zonasi, afirmasi, perpindahan orang tua dan prestasi.

Adapun untuk tanggalnya jalur zonasi dimulai 26 Juni 2020 – 1 Juli 2020, afirmasi dan perpindahan orang tua dimulai 2 Juli 2020 – 4 Juli 2020. Sedangkan jalur prestasi akan dimulai pada 7 Juli 2020 – 9 Juli 2020.

Baca Juga : PPDB Jenjang SD Mulai Dibuka di Kota Tangerang

Wakik Kepala Sekolah bidang kesiswaan, SMP 1 Kota Tangerang Ta’ani, menjelaskan, Untuk jalur zonasi diperuntuka untuk siswa yang orang tuanya memiliki kartu keluarga (KK) Kota Tangerang.

Sedangkan, jalur afirmasi hanya untuk siswa yangoyang tuanya tercatat di dinas sosial sebagai keluarga tidak mampu. Sementara,  jalur perpindahan orang tua yakni karena orang tuanya pindah tugas dari luar-ke Kota Tangerang.

Baca Juga :  Catat, PPDB Dimulai 19 Juni 2020 di Pandeglang

“Untuk jalur prestasi, terbagi dua prestasi akademik dan non akademik,” papar Ta’ani kepada wartawan.

Ia menjelaskan, jalur prestasi akademik  berdasarkan nilai rapor siswa saat di Sekolah Dasar (SD) pada kelas 4 dan 5 yaitu nilai semester 1 dan 2, serta nilai kelas 6 pada semester 1.

“Kalau jalur prestasi non akademik itu berdasarkan prestasi kejuaraan siswa yang sempat di ikuti, minimal sempat menjuarai perlombaan juara 1 setingkat kabupaten/kota,” ucapnya.

Baca Juga : Wali Murid Keluhkan Pungutan Rp4 Juta di SMK Yapinktek Kota Tangerang

Terpisah, Kepala Dinas Pendidikan Kota Tangerang, Masyati Yulia mengatakan, pihaknya saat ini siap melaksanakan proses PPDB tingkat SMP.

“Sudah siap begitu juga Dinas Komunikasi Informatika (Kominfo), kita sudah siapkan dengan aplikasinya,” imbuhnya.

Ia mengatakan, untuk tahun ini, siswa yang baru lulus SD sekitar 32 ribu anak. Namun, Kota Tangerang hanya memiliki 33 sekolah negeri dengan daya tampung hanya sebanyak 10.600 siswa.

Baca Juga : Kepala SMK Yapinktek Akui Adanya Pungutan, Rp800 Ribu Buat Tour Bakal Dikembalikan

“Jadi orang tua jangan terlalu memaksakan dan memilih-milih anaknya tempat sekolah buat anaknya. Lebih baik dimasukan saja di wilayah terdekat atau sesuai kemampuan siswa,” tukasnya. (adi/joe)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here