Beranda Peristiwa Meski Baru Lolos Vermin, 3 Balon Independen Ini Ramaikan Pilkada Kota Cilegon

Meski Baru Lolos Vermin, 3 Balon Independen Ini Ramaikan Pilkada Kota Cilegon

0
BERBAGI

CILEGON; LENSAMETRO— Sebanyak 3 bakal calon (balon) independen bakal meramaikan Pilkada di Kota Cilegon.

Tiga pasangan bakal calon tersebut telah lolos verifikasi administrasi (vermin) di KPU Kota Cilegon pada Senin, 22 Juni 2020.

Namun, para kontestan perseorangan tersebut jangan dulu gembira. Pasalnya, akan mengikuti tahapan validasi data melalui verifikasi faktual terhadap data syarat dukungan.

“Setelah lolos verifikasi administrasi,  akan dilakukan verifikasi faktual selama 14 hari,” ujar Eli Jumaeli, Komisioner KPU Cilegon kepada wartawan, Selasa (23/06/2020).

Baca Juga : Gerindra Kawinkan Sokhidin dengan Ratu Ati di Pilkada Cilegon

Dari proses verifikasi administrasi lanjut Eli, syarat dukungan yang diserahkan masing-masing Bapaslon tidak semua memenuhi syarat. Seperti bakal pasangan calon Ali Mujahidin – Lian Firman yang menyerahkan dukungan suara sebanyak 58.398 dukungan, namun yang memenuhi syarat (MS) hanya 55.573 dan yang tidak memenuhi syarat (TMS) sejumlah 2.825 suara.

Kemudian bakal pasangan calon Lukman Harun – Nasir mengantongi dukungan suara sebanyak 29.200 suara, namun yang memenuhi syarat (MS) 24.967 dan yang tidak memenuhi syarat (TMS) sebanyak 4.233 suara.

Begitu pun dengan bapaslon Malim Hander Joni dan Hawasi Syabrawi yang mengantongi 25.001 dukungan suara, namun yang memenuhi syarat (MS) sebanyak 24.925 dan yang tidak memenuhi syarat (TMS) sebanyak 76 suara.

Baca Juga : 3 Paslon Independen Pilwalkot Cilegon Jangan Dulu Gembira

Pelaksanaan verifikasi faktual (Verfak) ke tiga akan di laksanakan tanggal 27 Juni hingga 12 Juli 2020, dan akan di lakukan oleh 259 petugas peneliti.

“Pelaksanan verifikasi ini akan dilakukan dengan memperhatikan protokol kesehatan sesuai SE KPU RI 20 tahun 2020 tentang pedoman pelaksaan tahapan verifikasi faktual,” tukasnya. (one/joe)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here