Beranda Peristiwa Kapal Nelayan Asal Labuan Tenggelam Dihantam Ombak, 6 Orang Selamat, 10 Masih...

Kapal Nelayan Asal Labuan Tenggelam Dihantam Ombak, 6 Orang Selamat, 10 Masih Dalam Pencarian

0
BERBAGI

PANDEGLANG; LENSAMETRO- Kapal nelayan bernama KM Puspita Jaya yang membawa 16 pelaut tenggelam dihantam ombak besar di sekitar Pulau Rakata.

16 nelayan tersebut melaut dari perairan Labuan, Kabupaten Pandeglang menuju Pulau Rakata.

Dari tragedi tenggelamnya kapal tersebut, sebanyak enam nelayan berhasil selamat setelah ditolong kapal pesiar Eurodam berbendera Belanda dari Jakarta menuju Singapura.

Baca Juga : Kapal Berbendera Hongkong Ditangkap TNI AL, Kini Berada di Pelabuhan Indah Kiat Banten

Kepala Basarnas Banten Zaenal Arifin mengungkapkan, pada hari Kamis, 18 Juni 2020 nelayan sempat menjaring ikan. Namun sore harinya sekitar pukul 17.00 Wib dihant ombak sehingga tenggelam.

“Sebanyak 10 nelayan berenang ke Pulau Rakata. Sedangkan  6 orang kembali ke bangkai kapal yang tenggelam,” ungkap Zaenal Arifin kepada wartawan, Sabtu (20/06/2020).

Terang Zaenal, sebanyak 10 orang masih dalam pencarian tim Basarnas dan belum diketahui keberadaannya. “Enam nelayan lainnya sudah dievakuasi dari kapal pesiar yang menolong mereka tadi malam,” ujarnya.

Kata Zaenal,  proses pencarian Basarnas Banten dibantu oleh tim gabungan dari TNI/Polri difokuskan di sekitar Pulau Rakata.

Baca Juga : Polresta Tangerang Gandeng Komunitas Nelayan untuk Cegah Peredaran Narkoba

“Basarnas libatkan tiga Kantorcab. Sedang Kantorsar Banten mengerahkan alur trip di sekitar Pulau Rakata, Lampung dan trip sekitar Rakata sisi Utara Barat. Juga dibantu kapal kantorsar Jakarta di Selatan Rakata menggunakan KM Sar Wisnu,” ucap Zaenal.

Kata Zaenal, enam nelayan yang sudah dievakuasi yakni  SJ (31), SN (35), DD (24), AJ (21), AT (21) dan HS (55). “Mereka sudah dibawa ke rumahnya masing-masing setelah di evakuasi tadi malam ke Pelabuhan Merak,” pungkasnya. (jir/joe)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here