Beranda Kab Tangerang Mahasiswa UNMA Geruduk Kampus Sendiri di Pandeglang

Mahasiswa UNMA Geruduk Kampus Sendiri di Pandeglang

0
BERBAGI

PANDEGLANG; LENSAMETRO – Ratusan mahasiswa Universitas Mathla’ul Anwar (UNMA) Banten menggelar aksi unjuk rasa di kampusnya, Jalan Raya Labuan KM 23, Cikaliung, Saketi, Sindanghayu, Saketi, Kabupaten Pandeglang. Senin (8/07/2020).

Aksi yang digelar selama kurang lebih 2 jam ini dalam rangka mengekpresikan kegelisahan mahasiswa atas carut marut sistem birokrasi.

Selain itu, mahasiswa mempertanyakan akreditasi kampus dan prodi kampus yang tidak jelas.

Salah satu orator aksi, Sela Zellin mengatakan,  selain persoalan akreditasi. Rektor yang jabatannya double dengan kampus lain menjadi salah satu faktor persoalan tersebut.

“Lebih parahnya lagi, tidak pernah adanya keberadaan seorang di kampus menjadi pertanyaan besar untuk seluruh mahasiswa. Bagaimana kampus ini akan maju jika pemimpinnya sendiri tidak pernah peduli akan keadaan yang terjadi,” ucapnya.

Katanya, banyaknya permasalahan di kampus harusnya menjadi tanggung jawab rektorat untuk menyelesaikannya permasalahan.

Koordinator aksi, Sirojudi mengatakan rektorat malah lebih memilih mengurus masalah kecil seperti pengangkatan penjabat sementara (PJS) BEM Universitas yang seharusnya menjadi tanggung jawab mahasiswa.

“Karena sudah diatur dalam AD/ART Ormawa dalam statuta universitas bahwa organisasi mahasiswa itu adalah dari mahasiswa oleh mahasiswa dan untuk mahasiswa. Namun pada kenyataannya tidak sesuai dengan peraturan yang ada,” ucapnya.

Katanya, pihak rektorat yang seharusnya lebih mengurusi permasalahan akademik yang masih acak-acakan, akreditasi institusi dan akreditasi/izin prodi yang belum jelas. Padahal  menyangkut masa depan mahasiswa yang kuliah di UNMA.

Sirojudin berharap dengan adanya aksi,  kampus segera melakukan perbaikan sistem akademik secara menyeluruh, memaksimalkan pelaksanaan sentralisasi keuangan Universitas dan mencabut SK PJS BEM UNMA Banten. Serta membiarkan mahasiswa yang mengatur sesuai dengan mekanisme AD/ART Ormawa dan Statuta Universitas.

Sementara, dikonfirmasi melalui whatsApp pribadinya Rektor Universitas Mathla’ul Anwar Banten Prof. Dr. H. Abdul Gani Abdullah, MH sepertinya enggan menanggapi persoalan teraebut.

“Hubungi Warek 3 Bidang kemahasiswaan”. Singkatnya kepada wartawan,” katanta.

Sampai berita ini naik belum juga ada tanggapan dari wakil rektor 3 Bidang Kemahasiswaan UNMA Banten. (jir/joe)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here