Beranda Kota Tangerang BLT Dari Provinsi Banten Pekan Depan Cair di Kota Tangerang

BLT Dari Provinsi Banten Pekan Depan Cair di Kota Tangerang

0
BERBAGI

TANGERANG; LENSAMETRO- Jaring Pengaman Sosial (JPS) berupa Bantuan Langsung Tunai (BLT) senilai Rp600 ribu dari Pemprov Banten untuk warga Kota Tangerang pekan depan mulai cair.

Demikian dikatakan Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kota Tangerang, Suli Rosadi kepada wartawan, Kamis (4/06/20).

Suli mengatakan, berdasarkan hasil komunikasi bersama pihak Pemprov Banten. BLT senilai Rp 600 ribu itu akan segera disalurkan kembali di Kota Tangerang.

“Saya sudah konfirmasi pihak Pemprov Banten. Insyaallah bisa direalisasikan dan dijalankan lagi minggu depan,” kata Suli.

Suli menegaskan penyaluran BLT tersebut hanya untuk wilayah timur Kota Tangerang, diantaranya Kecamatan Batu Ceper, Cipondoh, Pinang, Karang Tengah, Ciledug dan Larangan.

Lalu, untuk wilayah barat. Seperti  Kecamatan Benda, Cibodas, Jatiuwung, Karawaci, Neglasari, Periuk dan Tangerang itu bansosnya berbentuk barang berupa sembako yang diberikan oleh Pemerintah Pusat melalui Kementrian Sosial (Kemensos) Republik Indonesia (RI).

“Jadi untuk wilayah timur bantuan dari Provinsi berupa uang senilai Rp600 ribu dan untuk wilayah barat berupa barang (sembako) dari Pusat senilai Rp600 ribu dan diberikan dalam 2 termin selama sebulan,” kata Suli.

Suli memaparkan, jumlah warga di Kota Tangerang yang Nomor Induk Kependudukan (NIK) nya saat ini sudah terdata dan terverifikasi mendapat bantuan sebanyak 162.694 Kartu Keluarga (KK).

Rincianya, lanjut Suli, 75.911 mendapat bantuan sembako dari Pemerintah pusat dan 86.783 mendapat bantuan dari Pemprov Banten.

“Dari 162.694 KK yang tercatat. Kita mengusulkan lagi 14.672 kuota bantuan kepada Pemerintah Pusat. Makanya saat ini warga yang diusulkan Pemkot sebanyak 177.366 KK,” ucapnya.

Suli pun menerangkan, terkait bantuan dari Pemprov Banten yang baru terealisasikan itu sebanyak 10.258 dari jumlah total sebanyak 86.783.

Sedangkan kuota bantuan dari Kemensos, lanjut Suli, itu sebanyak 75.911. Dan yang sudah direalisasikan itu 55.070 KK.

“Dari sisa kuota 20.841. Kita usulkan juga untuk minta tambahan lagi sebanyak 14.672 jadi total usulan menjadi 35.513. Jadi total usulan Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang terkait kuota bansos untuk warga menjadi 90.583, Tapi hasil yang terverifikasi di pemerintah pusat hanya 89.244 karena banyak data yang gagal,” jelasnya. (adi/joe)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here