Beranda Metropolitan Pak Gubernur WH Imbau Pencari Kerja Jangan Datang ke Banten

Pak Gubernur WH Imbau Pencari Kerja Jangan Datang ke Banten

0
BERBAGI

BANTEN;LENSAMETRO— Gubernur Banten Wahidin Halim (WH) mengimbau para pencari kerja untuk tidak datang ke Banten. Hal itu menyusul banyaknya buruh di PHK dan dirumahkan di sejumlah wilayah di Provinsi Banten.

“Jangan mencari kerja di Banten. Saat ini Banten sedang sulit lowongan kerja,” tegas Gubernur WH, Kamis (28/05/2020).

Sementara, Data Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Provinsi Banten pada tanggal 20 Mei 2020 menunjukkan sebanyak 27.569 karyawan dirumahkan.

Sementara jumlah karyawan yang mengalami Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) mencapai 17.298 orang.

Sedangkan jumlah perusahaan yang tutup mencapai 59 perusahaan.

Himbauan Gubernur WH itu untuk antisipasi pendatang baru atau pencari kerja ke Banten yang mengiring arus balik lebaran.

Dijelaskan WH, dalam Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), pihaknya menghentikan aktivitas produksi pada industri. Namun demikian, industri harus melaksanakan protokol kesehatan dalam proses produksinya. Sehingga berdampak pada jumlah dan jam kerja karyawan.

Sementara itu, Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar beberapa waktu lalu juga mengimbau agar pemudik dari Kabupaten Tangerang untuk tidak lagi kembali. Lantaran lowongan pekerjaan di Kabupaten Tangerang juga sedang sulit.

“Karena di Kabupaten Tangerang pekerjaan juga sudah sulit,” ucap Zaki.

Data Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Tangerang per 15 Mei 2020, sebanyak 19.239 buruh atau karyawan di Kabupaten Tangerang di Putus Hubungan Kerja (PHK) dan dirumahkan.

Rinciannya yang ter PHK sebanyak 10.541 buruh. Sedang yang dirumahkan sebanyak 8.698 orang. (dra/joe)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here