Beranda Kab Tangerang Asyik! Penerima PKH Di Tangerang Diajari Gunakan Mesin ATM, Selama Ini Kemana...

Asyik! Penerima PKH Di Tangerang Diajari Gunakan Mesin ATM, Selama Ini Kemana Aja?

0
BERBAGI

TANGERANG; LENSAMETRO- Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Program Keluarga Harapan (PKH) Kabupaten Tangerang diajari mengunakan mesin Anjungan Mandiri Tunai (ATM).

Koordinator PKH Kabupaten Tangerang Rita Setiasih mengatakan, belasan KPM yang dibimbing mengunakan mesin ATM lantaran adanya pencairan.

“Sebanyak 16 KPM asal Kecamatan Pagedangan dibimbing gunakan ATM dari pendamping. Itu semua anggota baru,” ujar Rita Setiasih kepada lensametro.com, Kamis (21/05/2020).

Menurut Rita, tugas pokok dan fungsi (tupoksi) pendamping PKH yakni mengedukasi KPM mengunakan mesin ATM. “Diharapkan para KPM mahir mengunakan mesin pencairan mengunakan ATM tanpa harus ketergantungan sama pendamping, ketua kelompok dan lainnya,” ucapnya.

Lanjut Rita, giat tersebut tidak ada kaitan dengan banyaknya dugaan oknum pendamping PKH di Kabupaten Tangerang yang memegang ATM atau kartu tabungan KPM.

Ia juga membantah, jika edukasi tersebut baru dilakukan pertama kali. “Tidak, itu karena ada perluasa atau tambahan PKH sehingga ada peserta PKH baru,” tukasnya.

Meskipun enggan mengomentari berita negatif yang belakangan ini tentang oknum pendamping PKH di Kabupaten Tangerang. Rita menjelaskan, salah satu tujuan PKH mengenalkan produk dan jasa keuangan formal kepada KPM.

“Ya berarti di sini tugas dan kewajiban pendampinglah untuk mengedukasi dan atau mensosialisasikannya. sehingga KPM bisa mandiri dlm melakukan transaksi jasa keuangan melalui perbankan,” pungkasnya.

Perlu diketahui, kasus program PKH di Kabupaten Tangerang berujung ke ranah hukum. Seperti pada awal Mei 2020 warga Desa Bakung, Kecamatan Kronjo penerima program PKH melaporkan ke Mapolresta Tangerang terkait dugaan penggelapan uang PKH.

Selain itu, pada Januari 2020 sebanyak 3 pendamping PKH dari Desa Kedaung, Kecamatan Mekar Mekar Baru dipanggil penyidik Satreskrim dari Polresta Tangerang terkait laporan PKM. (joe)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here