Beranda Peristiwa TA-PSD Pandeglang Ajak Kades Bentuk Relawan Penanggulangan Covid-19

TA-PSD Pandeglang Ajak Kades Bentuk Relawan Penanggulangan Covid-19

0
BERBAGI

PANDEGLANG; LENSAMETRO -Tenaga Ahli Pelayanan Sosial Dasar (TA-PSD) P3MD Kabupaten Pandeglang, Indra Irawan mengajak seluruh desa segera membentuk desa tanggap covid-19.

“Desa Tanggap Covid-19 harus segera dibentuk. Pasca dana desa bisa digunakan untuk penanganan virus korona,” ujar Indra Irawan.

Langkah yang mesti dilakukan yakni diantaranya  membentuk relawan desa untuk covid-19,  melakukan pencegahan setelah mengenali gejalanya, kemudian menangani ketika ditemukan kasus serta mengantisipasi secara terus menerus dengan berkoordinasi dengan Pemerintah Daerah.

Dalam struktur pembentukan relawan gugus tugas covid-19 tersebut, Kepala Desa menjadi ketua dan wakilnya adalah Ketua Badan Pemusyawaratan Desa (BPD) serta anggotanya terdiri dari seluruh perangkat anggota BPD, Ketua RT, RW, Pendamping Desa (PD), Pendamping Lokal Desa (PLD) dan berbagai pendamping yang ada didesa baik dari Kemensos, BKKBN maupun pendamping lainnya.

“Selain desa menganggarkan Dana Desa (DD) Tahun 2020 dalam upaya pencegahan dan penanganan covid-19, desa juga harus mampu mensosialisasikan bahaya wabah virus ini kepada warga serta mengimbau untuk hidup bersih dan sehat,” tukasnya.

Sedangkan, peran Pendamping Desa (PD), Pendamping Lokal Desa (PLD) kata Indra,  harus mampu menjadi sumber informasi penyebaran covid-19 di desa dampingannya masing-masing. “Serta membantu tim gugus tugas covid-19 di tingkat desa,” tukasnya. (jir/joe)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here