Beranda Kab Tangerang Bayi Berusia 2 Bulan Menderita Hidrosefalus, Camat Tigaraksa Bilang Begini

Bayi Berusia 2 Bulan Menderita Hidrosefalus, Camat Tigaraksa Bilang Begini

0
BERBAGI

TANGERANG; LENSAMETRO — Kasihan melihat bayi bernama Salsabila. Bayi yang berusia dua bulan dari pasangan FL dan IM warga Peruman Sudirman Indah, Kecamatan Tigaraksa, Kabupaten Tangerang ini menderita penyakit hidrosefalus.

Camat Tigaraksa Rahyuni membenarkan ada warganya yang menderita hidrosefalus. Ia mengaku telah menjenguk bayi tersebut di kediaman FL dan IM di Perum Sudirman.

“Bayi ini sudah ditangani oleh tim dokter dari RSU Kabupaten Tangerang. Hanya saja, sampai saat ini tindakan operasi belum bisa dilakukan,” ungkap camat kepada wartawan, Jumat (28/02/2020).

Ia menjelaskan, berdasarkan hasil cek laboratorium diketahui bilirubin sang bayi masih tinggi dengan trombosit rendah serta ada kelainan liver sehingga belum bisa dilaksanakan operasi.

“Jika semuanya sudah stabil, baru nanti bisa dilaksanakan operasi,” tutupnya

Sementara, Kepala Puskesmas Pasir Nangka dr. Herlin mengatakan kondisi itu baru diketahui setelah kandungan si ibu berusia 9 bulan dan sudah waktunya melahirkan.

Akibatnya, proses melahirkan menjadi sulit. Ia pun dirujuk ke Rumah Sakit Metro Hospital, Cikupa, Kabupaten Tangerang, agar bayi tersebut lahir dengan cara bedah caesar.

“Saat memeriksa kandungan, pihak Puskesmas pun sudah curiga, tapi belum diketahui secara pasti,” jelas dr. Herlin.

Ia menambahkan, bayi tersebut lahir melalui bedah caesar pada usia 40 minggu. Faktor penyebab hidrosefalus pada bayi tersebut tidak diketahui secara pasti, bisa jadi karena faktor genetik.

Saat ini, katanya, Salsabila sudah dirujuk ke RSU Kabupaten Tangerang untuk menjalani operasi. Namun, sebelum dioperasi harus distabilkan dulu dengan berobat jalan selama dua minggu.

Perlu diketahui, hidrosefalus adalah menumpuknya cairan di dalam rongga otak. Kelebihan cairan menekan otak dan dapat menyebabkan kerusakan otak. Akibatnya, ukuran kepala bayi menjadi lebih besar dibandingkan kepala bayi pada umumnya. (stu/joe)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here