Beranda Kab Tangerang Kompak! Pak Jendral dan Panglima Tanam Mangrove di Mauk Tangerang

Kompak! Pak Jendral dan Panglima Tanam Mangrove di Mauk Tangerang

0
BERBAGI

TANGERANG; LENSAMETRO— Dua Orang nomor satu di jajaran TNI dan Polri kompak menyambangi Kabupaten Tangerang, Jumat (21/02/2020).

Kapolri Jendral Polisi Idham Aziz dan Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto dalam lawatannya menanam pohon Mangrove (bakau) dan menyebar benih ikan di Kampung Pelelangan, Desa Ketapang, Kecamatan Mauk, Kabupaten Tangerang.

Didampingi oleh Menteri Kelautan dan Kementerian dari Kabinet Indonesia Maju Edi Prabowo, Kepala BNPB Republik Indonesia Letjen Doni Monardo, Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumi, Kapolda Banten Irjen Pol Agung Sabar Santoso, Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar, unsur pemerintah dan masyarakat.

Kapolri Jendral Polisi, Idham Aziz mengatakan, kegiatan penanaman Mangrove dan penyebaran benih ikan yang berlangsung saat ini hanya sebuah simbolis saja.

Pasalnya, TNI dan Polri diseluruh Indonesia serentak sedang melakukan upaya penanaman mangrove sebanyak 360.000 pohon.

Selain menanam Mangrove juga penebaran bibit Ikan Nila, Bandeng dan Udang gencar dilakukan.

“Kegiatan ini sebenarnya sudah dilakukan secara berkala oleh TNI, Polri, Kementerian Kelautan dan Perikanan, Badan Nasional Penanggulangan Bencana dan masyarakat sejak akhir tahun 2019 lalu dan akan terus berlanjut dan digelorakan,” ungkapnya.

Pihaknya menambahkan, penanaman mangrove dan penyebaran benih ikan ini merupakan tanggung jawab bersama dalam mempersiapkan generasi di masa yang akan datang. Sehingga pihaknya ingin menunjukkan kepada seluruh komponen masyarakat agar peduli terhadap lingkungan.

Sementara itu, Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto mengatakan, banyaknya garis pantai yang hilang, perkampungan yang hilang dan ikan yang hilang dan kerusakan mangrove disepanjang pantai, disebabkan karena ulah manusia itu sendiri.

“Kami berharap kegiatan yang diprakarsai oleh Polri ini bisa membangun masyarakat dalam meningkatkan kelestarian lingkungan. Sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan di Kabupaten Tangerang,” ujar Panglima.

Hadi menyebut, Mangrove merupakan tanaman yang dapat mengeluarkan oksigen terbaik. Apabila berada di sekitar pohon Mangrove maka seseorang bisa menghirup udara yang segar. (stu/joe)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here