Beranda Metropolitan Bupati Penyangga Ibukota Baru Mulai Berbenah, Ini Potensi Wilayahnya

Bupati Penyangga Ibukota Baru Mulai Berbenah, Ini Potensi Wilayahnya

0
BERBAGI

BANJARMASIN; LENSAMETRO- Bupati Banjar Kalimantan Selatan H Khalilurahman mengatakan, akan sulap wilayahnya menjadi daerah yang menarik untuk dikunjungi.

“Sebagai daerah persiapan Ibu Kota Negara yang baru, Banjar akan berbenah di berbagai sektor unggulan seperti perikanan, pertanian dan pariwisata,” ujar H. Khalilurrahman, Bupati Banjar saat ramah tamah bersama para Jurnalis Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) seluruh Indonesia di Pendopo Bupati Banjar Kalimantan Selatan, Jumat malam (07/02/2020).

Sembari memberikan kata selamat datang kepada insan pers yang tergabung dalam SMSI. Ia menegaskan Banjar siap menjadi daerah persiapan penyangga ibu kota negara yang sedang di persiapkan pemerintah pusat.

Lanjut Bupati, jumlah penduduk Kabupaten Banjar mencapai 571.573 (2017), dengan luas wilayah ±4.668,50 Km2, merupakan wilayah terluas ke 3 di Propinsi Kalsel setelah Kabupaten Kotabaru dan Kabupaten Tanah Bumbu. “Banjar memiliki 9 Kecamatan, 277 Desa dan 13 Kelurahan,” tukasnya.

Bupati Kabupaten Banjar periode 2016 – 2021 ini mengharapkan kepada insan pers dapat membantu untuk mempromosikan berbagai potensi di Kabupaten Banjar. Karena daerah ini memiliki sektor unggulan seperti perikanan, pertanian dan holtikultura dan pariwisata.

Rumah Adat Banjar, Kalimantan Selatan/net

Diantaranya sektor perikanan darat, Kabupaten Banjar memiliki beberapa potensi budidaya ikan antara lain; Budidaya Perikanan Kolam dengan luas sekitar 791,4 Ha jumlah produksi 25.092, 23 ton/ tahun.

Budidaya Perikanan Jaring Apung yang 1.125 unit total produksi 6.542,55 ton/tahun. Budidaya Perikanan Karamba dengan jumlah 2.259 unit. produksi 7.952, 97 ton/tahun.

Begitu juga sektor pertanian, Kabupaten Banjar hasil produksi beras terdapat di hampir seluruh wilayah kecamatan dengan jumlah produksi sekitar 2.370 ton dengan luas panen 895 ha.

“Untuk sektor perikanan bahkan Banjar menjadi daerah penghasil perikanan terbesar di Kalimantan begitu juga sektor pertanian,” ucap Bupati

Ditempat yang sama, Ketua SMSI pusat Firdaus mengatakan, SMSI memiliki jumlah 1.071 anggota di seluruh wilayah Indonesia. Jumlah tersebut hanya perusahaan siber saja.

“Jika perusahaan pers yang tergabung di SMSI mencapai 1.071 saja, berapa banyak tenaga insan media yang berada di bawah bendera SMSI,” ucap Firdaus saat memberikan sambutan

Pada acara tersebut ketua SMSI pusat Firdaus juga menyerahkan Surat Keputusan (SK) Kepengurusan SMSI Propinsi Kalimantan Selatan dan Propinsi Jambi. (rim/joe)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here