Beranda Metropolitan Hadeuh! 200 Ribu Peserta PBI BPJS di Banten Dinonaktifkan

Hadeuh! 200 Ribu Peserta PBI BPJS di Banten Dinonaktifkan

0
BERBAGI

SERANG; LENSAMETRO — Sebanyak 200 ribu Peserta Penerima Bantuan Iuran (PBI) Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) dinonaktifkan. Demikian data Dinas Sosial (Dinsos) Provinsi Banten di per akhir Januari 2020 ini.

“Kemarin dapat surat dari BPJS, yang dinonaktifkan ada 200 ribu sekian. Mengenai alasannya, silakan konfirmasi ke Dinas Kesehatan (Dinkes), Dinsos hanya memverifikasi dan memvalidasi data,” ucap Kasi KTKPM Dinsos provinsi Banten Eka Prasetia saat ditemui di ruangannya, Dinsos Banten, KP3B, Kota Serang, Kamis (30/01/2020).

Terkait penonaktifan penerima PBI BPJS tersebut, sambungnya, kemungkinan karena mengacu kepada data Badan Pusat Statistik (BPS) yang menunjukkan turunnya angka kemiskinan di Banten.

“Yang saya ketahui, di data BPS, penduduk miskin menurun menjadi 600 ribu sekian, jadi itu disesuaikan. Selain itu, banyak juga yang dikeluarkan karena sudah tidak layak masuk persyaratan penerima bantuan tersebut karena sudah mampu,” ujarnya.

Ia tidak menyangkal bahwa akibat penonaktifan tersebut banyak warga yang mendatangi Dinsos. Dan Ia mengklaim bahwa pihaknya sudah menanganinya dengan baik. Selain itu, Dinkes juga sudah memberikan arahan kepada mereka yang dinonaktifkan, jika mau berobat dan ada Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM), bisa berobat gratis di RSUD Banten dan RSUD Malimping. (hdr/joe)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here