Beranda Kab Tangerang Polresta Tangerang Gandeng Banser Amankan Nataru

Polresta Tangerang Gandeng Banser Amankan Nataru

0
BERBAGI
Kapolresta Tangerang AKBP Ade Ary Syam Indradi berfoto bersama pengurus dan anggota Ansor-Banser Kabupaten Tangerang

TANGERANG (LM)-, Kapolresta Tangerang AKBP Ade Ary Syam Indradi menggandeng Barisan Ansor Serbaguna (Banser) Kabupaten Tangerang untuk membantu pengamanan Hari Raya Natal dan Tahun Baru 2020.

Menurutnya, peran Banser dalam menjaga semangat kerukunan sudah terbukti dan teruji. Banser, kata Ade, adalah salah satu kelompok masyarakat yang memiliki kontribusi membantu aparat keamanan terutama saat peringatan Hari Raya Natal.

“Tanpa diminta pun, sahabat Banser pastinya akan turun membantu aparat keamanan menjaga gereja,” kata Ade saat menyambangi Markas Ansor Banser Kabupaten Tangerang di Perum PWS Tigaraksa, Kamis, 19 Desember 2019.

Menurut Ade, peran serta dan komitmen elemen masyarakat diantaranya ormas dalam memelihara dan menjaga keamanan diperlukan. Sebab, ujar dia, tanggung jawab menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat sejatinya merupakan tanggung jawab bersama.

Ade pun mengapresiasi komitmen Banser dalam upayanya menjaga kerukunan dan toleransi. Dia berharap, langkah Banser dapat menjadi role model elemen lain untuk bersama-sama menjaga dan memelihara kerukunan sehingga terwujud situasi keamanan yang stabil.

“Eksistensi Banser menjaga gereja saat saudara-saudara kita melaksanakan ibadah Natal merupakan bentuk komitmen dalam menjaga semangat keberagaman dalam bingkai Kebhinekaan,” terangnya.

Ade menambahkan, selain Banser, kepolisian juga akan menggandeng kelompok masyarakat lain untuk bersama-sama menjaga keamanan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020. Dia berharap, dengan banyaknya peran serta masyarakat, situasi keamanan saat Natal dan Tahun Baru berjalan dengan kondusif.

“Dengan memperbanyak kemitraan sinergis, maka semakin sedikit kekuatan yang harus kita gunakan,” ucapnya.

Di tempat yang sama, Ketua Pengurus Cabang Gerakan Pemuda Ansor Kabupaten Tangerang Muhidin Abdul Kodir mengatakan, hubungan Ansor-Banser dengan Kepolisian tentunya sudah sangat harmonis. Ketika berada di lapangan, kata dia, sudah seperti layaknya adik dan kakak dan untuk kedepan sinergisitas  harus senantiasa terus terjalin.

“Keamanan, advokasi dan pengajian. Antisipasi pergerakan radikalisme sering kali kita lakukan,” kata dia.

Dalam pengamanan Natal, kata dia, anggota Ansor-Banser akan dilibatkan mengamankan gereja. Setiap gereja akan ditempatkan anggota sebanyak 5 -10 orang untuk pendampingan pengaman dengan pihak kepolisian. (Joe/Don).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here