Beranda Metropolitan Hadiri Deklarasi Samawi, Warga Dapat Rp100 Ribu

Hadiri Deklarasi Samawi, Warga Dapat Rp100 Ribu

0
BERBAGI
Presiden Jokowi bersama Aya, salah satu peserta kuis yang berhasil membuat tawa pecah di acara deklarasi Solidaritas Ulama Muda Jokowi (Samawi).

LENSAMETRO; Acara deklarasi Solidaritas Ulama Muda Jokowi (Samawi) di Sentul International Convention Center (SICC), Bogor, Jawa Barat, Selasa(10/7/2018) muncul kabar mengejutkan oleh beberapa massa peserta deklarasi itu.

Massa itu mengakui dibayar Rp 100 ribu untuk menghadiri acara tersebut. Baihaqi, 50 tahun, datang bersama tetangganya untuk hadir di acara Samawi karena dikasih uang Rp 100 ribu.

“Namanya rezeki tidak usah ditolak. Kami juga mengajak beberapa tetangga,” jelasnya kepada wartawan , Rabu (11/07/2018).

Menurut Baihaqi yang mengaku dari Priok, Jakarta Utara, pihak panitia sudah menyediakan transportasi. “Kami sudah dijemput bus dan berangkat. Sudah dikasih kaos, uang Rp 100 ribu dan makan,” jelasnya.

Sementara Mahmud, 48 tahun, mengakui diajak tetangga untuk menghadiri deklarasi mendukung Jokowi. “Saya sih ikut saja, ada uangnya lagi, dan saya juga pingin bertemu langsung dengan Pak Jokowi,” papar Mahmud.

Hal sama juga diutarakan Siti Mahmudah, 46 tahun, dari Jatinegara, Jakarta, yang mengaku mengumpulkan ibu-ibu pengajian untuk deklarasi Jokowi.
“Kami kumpulan jamaah taklim, dan disuruh datang ke acara, kami ikut saja,” jelasnya.

Siti Mahmudah mengakui mendapatkan uang untuk menghadiri acara Samawi. “Kami diberi uang, tapi untuk jamaah pengajian, apa salahnya, halal kok,” pungkasnya.

Masih menurut laman tersebut, ada pemandangan yang cukup aneh dalam acara deklarasi dukungan terhadap Jokowi itu. Pesertanya bukan kalangan muda, tetapi bapak-bapak dan ibu-ibu serta membawa anak. Mereka memakai kaos yang sudah disiapkan peserta dengan tulisan Samawi dengan motif kaligrafi.

Pengamatan pada acara ini terlihat mobilisasi massa dari panitia untuk mendatangkan peserta dengan bus. Walaupun sudah ada mobilisasi massa, beberapa sudut tempat duduk gedung SICC tampak tidak terisi.

Presiden Jokowi hadir dalam acara ini Jokowi didampingi Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko dan Koordinator Staf Khusus Presiden, Teten Masduki.

Dalam acara deklarasi Solidaritas Ulama Muda Jokowi (Samawi) yang mendukung Jokowi menjabat presiden dua periode. tak terlewatkan seperti biasanya, Jokowi kembali menggelar kuis berhadiah sepeda. Seorang peserta akan ditantang menyebutkan Pancasila atau hal lainnya yang berkaitan dengan Indonesia.

Jokowi kemudian memberikan soal menyebutkan sepuluh nama ikan khas Indonesia. Jokowi mengajukan pertanyaan itu karena sebagian besar wilayah Indonesia berupa perairan. “Tunjuk jari yang hapal sepuluh nama ikan,” kata dia disambut acungan puluhan peserta.

Seorang perempuan bernama Aya yang terpilih ikut kuis itu membuat Jokowi menyebut ikan tongkol dengan berhati-hati.

“Sebentar, pelan-pelan… Satu, ikan tongkol betul, dua..,” kata Jokowi saat memotong ucapan peserta dalam acara yang digelar di Sentul International Convention Center, Bogor, Jawa Barat, Selasa (10/7/2018).

Sontak, ribuan peserta yang hadir tertawa. Sebagian lainnya bertepuk tangan. Mereka teringat insiden seorang anak yang ‘kepeleset lidah’ saat diminta Jokowi menyebut nama-nama ikan, khususnya saat menyebut ikan tongkol. Anak itu terbalik menyebutikan tongkol dan videonya menjadi viral di media sosial.(raf/mic)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here